Syekh Siti Jenar: Pergumulan Islam-Jawa

Syekh Siti Jenar - Pergumulan Islam - JawaSYEKH Siti Jenar adalah tokoh kontroversial sekaligus legendaris dalam sejarah Islam di Jawa, karena “pembangkangan tasawuf”-nya dan mitos kesaktian yang dimilikinya.

Buku ini mencoba memahami secara lebih jernih, konteks peristiwa penghukuman mati Syekh Siti Jenar yang dianggap menyimpang dari ajaran Islam oleh Wali Songo ini. Pengarang buku ini secara kritis melihat ketegangan internal dan eksternal yang terjadi masa itu. Ketegangan itu berkaitan dengan berbagai kelompok kepentingan yang saling bersinggungan dan hendak mengambil tempat utama dalam peta politik.

Secara singkat dan hati-hati, pengarangnya menguraikan ajaran Siti Jenar dan mengkritisinya dalam tradisi sufistik Islam dan filsafat Barat. Kemudian, ditunjukkan bagaimana Siti Jenar menerapkan ajarannya itu dan akhirnya tidak bisa tidak bertemu dengan kekuatan ulama paling dominan, Wali Songo.

Sudah jelas bahwa pada saat itu, peran ulama yang terorganisir dalam Wali Songo mengambil ruang paling besar dalam legitimasi agama. Kehadiran Siti Jenar dengan ajarannya yang jauh berbeda dari “kebenaran” yang digariskan Wali Songo menjadi ganjalan besar, baik untuk penyebarluasan Islam maupun pengaruh politik Wali Songo sendiri.

Nilai lebih buku ini adalah dilampirikannya Serat Syekh Siti Jenar (Keluarga Bratakesawa, Yogyakarta, 1958) terjemahan dari R. Sosrowidjojo, sehingga pembaca bisa melihat langsung “ajaran” Syekh Siti Jenar ini.*

Keterangan Detail:

Judul: Syekh Siti Jenar: Pergumulan Islam-Jawa
Penulis: Abdul Munir Mulkan
Penerbit: Yayasan Bentang Budaya, Yogyakarta, November 1999
Tebal: xvi + 353 halaman

Pranala:

About these ads
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: