Kisah-kisah Sufi

Kisah-kisah Sufi Idries ShahTelah berabad-abad lamanya para guru Sufi mengajar murid-muridnya dengan menggunakan kisah-kisah ini, yang dianggap memiliki kekuatan untuk meningkatkan persepsi yang tidak diketahui oleh manusia biasa. Idries Shah telah menjelajahi tiga benua bertahun-tahun lamanya untuk mengumpulkan dan membandingkan versi lisan kisah-kisah yang mengagumkan ini. Dengan pelbagai cara, banyak diantara kisah ini telah menyusup ke dalam tradisi sastra Barat dan Timur. Kumpulan kisah itu disuguhkan kepada anda dalam bentuk buku ini.

Semua kisah atau dongeng, paling tidak mengandung kebenaran tertentu dan seringkali dongeng-dongeng itu memungkinkan masyarakat menyerap gagasan-gagasan yang sulit dipahami atau bahkan tidak bisa dicerna jika disampaikan dalam bentuk pemikiran yang wajar. Oleh karena itu, dongeng digunakan para guru Sufi untuk memberikan suatu gambaran kehidupan yang lebih sejalan dengan perasaan mereka dibandingkan melalui wahana kegiatan intelektual.

Setiap dongeng mengandung banyak makna berlapis-lapis yang dirancang secara khusus untuk memicu pemahaman dan refleksi diri para pembacanya.

Tentang Penulis:

Idries Shah , yang nama lengkapnya Nawab-Zada Sayyid Idries Shah al-Hasyimi, adalah Syekh Besar (Syekh al-Kabir) Sufi dan anak sulung Nawab asal Sardana, dekat Delhi di India. Keluarganya berasal dari keluarga Kerajaan Pagham di Hindu-Kush, yang nenek moyangnya memerintah sejak 1221. Idries Shah dilahirkan di Simla-Himalaya dan menetap di London. Ia mengarang beberapa buku tentang mistik-tasawuf, diantaranya Mahkota Sufi (The Sufis), Jalan Sufi (The Way of the Sufi), Kisah-kisah Sufi, serta karya-karya lainnya.

Keterangan Detail:

Judul Buku: Kisah-kisah Sufi
Penulis: Idries Shah
Penerjemah: Sapardi Djoko Damono
Penerbit: Pustaka Firdaus, 1984

Buku ini dapat diunduh secara gratis di Pustaka Loka.

%d blogger menyukai ini: